20100329

Alasan kita harus bersepeda

Tak dipungkiri lagi bahwa bersepeda sangat baik bagi kesehatan, bisa menghemat uang dan kehidupan lebih bisa diprediksi kedepannya.
Ada beberapa alasan nih, mengapa kita harus bersepeda.

Aspek Kesehatan

* Bersepeda secara teratur akan meningkatkan kesehatan badan seperti 10 tahun lebih muda, tapi gimana ya yg umurnya dibawah 10 tahun? tekor dong.(National Forum for Coronary Heart Disease Foundation).
* Bersepeda sekurangnya 20 mil per-minggu membantu mengurangi resiko penyakit jantung lebih dari 50% dibandingkan mereka yang tidak melakukan olahraga apapun, dengan catatan selama bersepeda anda tidak merokok atau makan makanan berlemak (British Heart Foundation, Morris).
* Jika 1/3 saja dari perjalanan pendek menggunakan mobil digantikan bersepeda, maka resiko penyakit jantung secara nasional akan turun antara 5 hingga 10 persen (Bikes not Fumes, CTC, 1992).
* Sepeda lebih cepat 5 kali dari mobil dan 2 kali dari motor pada saat macet, sangat bagus mengurangi tingkat stress. Apabila anda melewati trotoar perhitungan tersebut berubah menjadi 10 kali dari mobil dan 4 kali dari motor, tapi kami tidak menyarankan untuk melewati trotoar, sekali lagi tidak kami sarankan (tapi sering kami praktekkan)

Aspek Keuangan

* Sepeda tidak membutuhkan pajak kendaraan, pajak jalan, asuransi, dan tentu saja bahan bakar.
* Sepeda membutuhkan biaya perawatan sekitar 50 ribu rupiah per bulan atau kurang. Jauh jauh jauh... lebih murah dibandingkan kendaraan bermotor, apalagi kalo sama sekali gak pernah dirawat, gowesssr terus bro... om ... nteee!
* Sepeda yang baik akan bertahan lebih dari 10 tahun. Bandingkan dengan mobil dan motor yang umur pakai optimum 3-5 tahun. Kecuali bagi yang hobi banget bersepeda dan yang sering-sering banget bermain ketempat yg bisa bersepeda sambil ajrut2an lah yauw. Sepeda yang baik hanya bertahan 1 bulan atau kurang.
* Sepeda bisa diparkir di mana saja, nebeng parkir motor, titipin di pos satpam atau bawa aja masuk ke ruangan anda. Jadi anda tidak perlu pusing lagi dengan ongkos parkir yang pake itung-itungan per-jam.

Aspek Pada Kehidupan sehari-hari
* 1 tempat parkir mobil menghabiskan 10 tempat parkir sepeda. 1 tempat parkir motor menghabiskan 2 tempat parkir sepeda. Bisa lebih banyak lagi kalau anda rela akrobatik menumpuk sepeda anda.
* Sepeda sama sekali tidak menimbulkan polusi udara dan lebih sedikit polusi suara.
* Mobil dan motor telah menghilangkan ribuan nyawa per-tahunnya di jalan. Sepeda? Paling dimaki aja kalo nabrak.

0 comments: