20100127

Fixed Wheel The Urban Style

Sepeda Fixed Wheel atau sering akrab disebut Fixie merupakan style bagi para kaum urban. Biasanya sepeda ini dipakai oleh Messenger atau Kurir jasa ekspedisi. Sepeda ini tidak menggunakan freewheel dan rem (brake). Perputaran crank akan seiring dengan perputaran roda. Weits bentar! nggak pake rem, trus cara berhentinya? ya sebenarnya pakai cuma tidak menggunakan brake lever atau wire. Cara berhenti atau mengurangi gerak lajunya dengan cara memutar crank berlawanan arah dengan perputaran. Hmm, mungkin kalo disekitar kita disebut rem Torpedo.

Fixie Oleh Frederico Salvalaio

Fixie Oleh Frederico Salvalaio

Dalam perkembangannya, fixie tidak hanya dipakai oleh para kurir di perkotaan namun sudah menjadi tren tersendiri oleh para pesepeda perkotaan bahkan menyaingi folding bike (sepeda lipat). desainnya yang simpel dan perawatannya mudah menjadi alasan mereka memilih fixie. Bahkan di Jogja mulai marak dan terbentuk komunitasnya.

Fixed Gear Hub

Fixed Gear Hub

Mengendarai fixie tidak asal naik, perlu penyesuaian karena dengan sistem pengereman yang berbeda ini membuat agak bingung bahkan tak jarang terjadi slide/ngepot. Selain slide, pengendara juga bisa cedera karena tekanan yang keras saat melakukan pengereman. Melawan arah perputaran crank apalagi saat melaju kencang mengakibatkatkan tekanan/stress yang tinggi pada lutut dan pergelangan kaki. Maka dari itu sebenarnya ada kiat-kiat/teknik mengendarai fixie secara aman dan nyaman bahkan di beberapa negara memiliki regulasinya demi kesehatan dan keamanan. Untuk keamanan, beberapa negara mewajibkan pemakaian rem depan namun negara lain ada yang tidak.

Tertantang pakai fixie?

Sumber: en.wikipedia.org, www.fixedgeargallery.com, fixiefreaks.wordpress.com

0 comments: